Menemukan Hakekat Santri Dalam PMII

      Penulis:  Ziar Zona Zabar Asli 

Opini : Santri adalah seorang anak yang yang diserahkan kedua
orang tuanya untuk mengenyam pendidikan agama dipesantren.dia yang segala tindak tanduknya di tumpukkan dengan paham agama.setiap petang dan paginya selalu bergelut dengan kitab-kitab.mulai dari kitab klasik (kitab kuning) sampai kepada kitab-kitab kontemporer yang ada saat ini.

Karakteristik santri itu sendiri sudah sangat jelas seperti yg kita lihat di pesantren-pesantren yang ada.ciri khas santri dari berpakaian selalu mengenakan sarung, kopiah dan baju kokoh/taqwa kemanapun santri keluar dari pondok. adapun bertutur kata dan bertata krama penuh dengan sopan santun sesuai dengan perkataan Djunaidi Al Bagdadi " ketinggian ilmu tidak bisa mencapai derajat kewalian tetapi akhlak dan sopan santun itulah yang membawa seseorang mencapai kepada derajat kewalian"

Namun pada hakikatnya santri yang sebenarnya dia tidak selalu diam dilingkungan pondok pesantren, tidak selalu mahir baca kitab, tidak selalu jadi ust. "dia yang berprilaku baik dan berakhlak, sopan santun dia juga adalah santri" Gus Mus.

pesantren adalah suatu tempat para santri di didik dengan ketat, digembleng untuk menjadi pribadi yang dekat dengan tuhannya.pesantren merupakan suatu wadah bagi santri dalam mendorong kesholehan spritualnya untuk membentengi diri dari kemusyrikannya kepada Allah SWT.

Seiring dengan perkembangan zaman dan serba digital yg semuanya dilakukan dengan cepat, secepat membolakkan telapak tangan bahkan lebih cepat dari itu. dampak yang di akibatkan dari zaman modern yg penuh tawaran fantastis yaitu, pergeseran nilai mulai redup, akhlak dan sopan santun mulai lentur.

Bagaimana dengan SANTRI di PMII?

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) merupakan organisasi kemahasiswaan yang berlandaskan keislaman dan nasionalis. PMII sendiri merupakan cucu dari Nahdlatul Ulama (NU) yang gerakan keislamannya sesuai dengan paham NU yg sudah diakui oleh semua kalangan masyarakat tentang keaswajaannya.dikalangan mahasiswa sendiri tidak banyak yang jeblosan non pesantren dan tidak sedikit orang yang latar belakangnya minim pemahaman agama.

Hal demikian maka organisasi PMII merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu agama serta ilmu lainnya.sebab idiologinya aswaja (Ahlus sunnah Wal j
Jamaah) Dengan nilai gerakan moderat,tawassut, tasamuh, ta'adul. secara tidak langsung mahasiswa yang sudah masuk di keorganisasian sudah memilih pondok sendiri yaitu pesantren PMII.

Karna di pondok pesantren PMII seorang juga diajarkan untuk mandiri, berkribadian baik, serta disiplin, karna mahasiswa ditempa dan diasah dengan paham-paham keislaman yang secara nasab keilmuan sudah dipercaya dan tidak berhianat kepada bangsa.jadi itu merupakan keistimewaan bagi mahasiswa bahwa ia sudah layak menyandang gelar Santri.

#YayasanAssekretiat #Anakkampung #pmiimataram

Komentar