Peran JANTUNG dalam Berkelanjutan Hidup

Picture oleh: manado.tribunnews.com


GUBUKMEDIA.COM. Jantung Merupakan organ berotot seukuran kepalan tangan yang terbagi atas dua bagian ada sisi kiri dan sisi kanan. Setiap masing-masing sisi mengandung 2 ruang,  yaitu ruang atrium yang berada dibagian atas dan ruang vertikel berada dibagian bawah.

Sekitar 70 kali permenit ruang-ruang itu saling berkontraksi dan berelaksasi yang berfungsi untuk menjaga aliran darah ke seluruh tubuh. Dan sekitar 30 juta lebih Jantung berdetak selama setahun.
Jarak perjalanannya darah dapat diperkirakan sekitar 96 ribu KM, yang dimna dimulai dari paru-paru dan jantung. Tetapi itu hanya dapat ditempuh dalam 23 detik dalam satu puteran.

Dalam Hal ini Allah Swt. Telah mengatur hal-hal tersebut dengan cara sangat teliti, sehingga Pada waktu tubuh terluka dan sampai mengeluarkan darah maka jaringan yang terluka itu dengan gesitnya mengeluarkan  zat kimia (platelet). Zat zat yang rusak tersebut dapat menyatu dan saling memicu pembentukan jaringan yang dapat menyebabkan sel-sel darah merah terperangkap dalam jaringan tersebut sehingga menjadi beku yang berfungsi untuk menghentikan aliran darah
Tidak bisa lagi keluar dari tubuh.

Dalam hal ini sehingga jantung sangat besar peranannya dalam kelanjutan hidup. Karna, jika suplai darah-darah kita itu berkurang atau kelebihan dari dari batas normal (darah tinggi), sehingga tubuh dapat kekurangan oksigen, maka dapat terjadi serangan jantung yang mengakibatkan kematian.

Karna penyumbatan yang ada pada pembuluh darah utama bisa mengakibatkan stroke. Dan jika luka ada pada organ vital dapat mengakibatkan hilangnya darah yang banyak.

Penulis: Ahmad Satria
Refrensi:Buku " Tangan Tuhan ada dimna mana."

Komentar