Maulid Nabi SAW Spirit of Palestina. Tradisi di lombok

               Sumber: Dulang. papuqfotografi.blogspot.com
  Oleh: Sahabat Z3A.

_Allahumma sholli ala muhamad_

12 Rabiul awal hari senin bertepatan dengan tahun gajah, lahirlah seorang bayi yang agung dari suku Quraisy yang dinantikan oleh seluruh alam, dialah cahaya diatas cahaya, penerang di kegelapan, mutiara kehidupan, seorang penabur kebijaksanaan dan insan penyabar, beliau lahir dari rahim seorang perempuan yang mulia bernama Aminah dan bapaknya bernama Abdullah beliau adalah baginda rasulullah SAW. disebut dengan tahun gajah baginda nabi lahir bertepatan dengan penyerangan raja abrahah secara besar-besaran bersama bala tentaranya dengan menggunakan gajah ingin menghancurkan kota ka'bah.

Selama dalam kandungan ditinggal oleh bapak tercintanya Abdullah. Dalam kandungan beliau sudah menjadi yatim. Setelah beliau dilahirkan, 6 tahun lamanya ditinggal oleh perempuan mulia ibunya Aminah bin khuwailyd,  Lalu rasulullah diasuh oleh kakeknya Abdul Muthallib. Belum kering kesedihan beliau kakeknya juga meninggal dunia. Kemudian rasulullah di asuh oleh pamannya abu thalib. Pada umur 12 tahun dibawa oleh pamannya untuk berdagang ke negeri syam. Pada umur 25 tahun rasulullah menikah dengan janda kaya bernama khadijah berbeda 15 tahun dari rasulullah  ia juga merupakan keturunan suku Quraisy. Khadijah serorang pembisnis yang kaya. Umur 40 tahun diangkat menjadi Nabi utusan Allah. Tanda rasulullah menjadi nabi ia menerima wahyu yang pertama surah Al-Alaq di gua Hira tempat rasululullah suka mengasingkan diri.

Dalam sejarahnya, maulid nabi tidak pernah dilaksanakan ataupun dilakukan oleh nabi sendiri maupun sahabat-sahabatnya. Maulid nabi sendiri lahir dari keterpurukan dan kegalauan umat islam pada masa pemerintahan Shalahudin Al-Ayyubi panglima perang umat islam, yang merebut Palestina dari kaum yahudi pada perang salib, karna pada masa itu beberapa tahun umat islam bergejolak dengan peperangan. Palestina yang menjadi kiblat awal umat islam dan menjadi tempat suci kedua setelah masjidil haram harus direbut dan dikembalikan kepada umat islam. Untuk membangkitkan semangat tentaranya Shalahudin Al ayyubi memiliki ide spiritual untuk mengembalikan ghirah kekuatan umat islam dengan ide cemerlangnya mengadakan maulid Nabi muhamad SAW. supaya umat islam kembali semangat dalam memperjuangkan Agama allah dimuka bumi. Sampai pada hari ini tanah kekuasaan Shalahudin yang dipanggil oleh orang barat menjadi saladin direbut kembali oleh kaum yahudi.
Semoga maulid bisa membangkitkan kekuatan saudara-saudar kita di palestina saat ini. Dan belajar kembali kesejarah masa lalu.

Dilihat dari sudut hukum fiqih, imam syafii membagi bid'ah menjadi dua: bid'ah hasanah (baik) dan bid'ah dholalah (sesat). Ketika hakikat sebuah perbuatan itu baik dan tidak bertentangan dengan syariat islam maka perbuatan itu dibolehkan. Imam assuyuti juga dalam kitabnya membolehkan.

Umat muslim, bertepatan setiap tanggal 12 rabiul awal, merupakan mumentum hari bahagia menyambut kelahiran Baginda Rasulullah SAW. Di masjid-masjid, mushalla, surau, pesantren hampir di semua tempat ibadah di jadikan untuk merayakan kelahiran rasulullah dengan semangat mendapatkan syafaatnya di akhirat kelak. Berbagai cara dan tradisi dalam menyambut kelahiran baginda nabi. Di daerah lombok sendiri peringatan maulid nabi dirangkai dengan menghadirkan ulama, tuan guru dan ust-ust untuk menyampaikan pengajian serta pelajaran yang harus kita ambil dalam diri pribadi rasulullah. Tujuan ini untuk menumbuhkan rasa kecintaan dan mensyiarkan tauladan rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. ini sesuai dengan firman Allah yang artinya " sungguh dalam diri rasulullah SAW terdapat budi pekerti yang baik". Sehingga segala perbuatan umat manusia selalu tertumpu dengan perbuatan akhlak-akhlak yang diajarkan oleh rasuluah sebagaimana hadits-Nya "sesungguhnya aku diturunkan untuk menyempurnakan akhlak". Selanjutnya  bersholawat,  serta silaturrahim antar keluarga, tetangga, saudara, kerabat untuk merekatkan dan menjaga ukhuwah islamiah dan ukhuwah basyariyah. Sesuai hadits rasulullah: "tidak akan masuk syurga orang yang memutuskan hubungan silaturrahim"

Komentar